Sabtu, 03 November 2012

TIPS MENJAGA BAN ANDA BIAR TETAP AWET


Ban merupakan komponen dari sepeda motor yang masa pemakaiannya bisa disesuaikan. Makin sering sepeda motor dipakai, maka makin pendek pula masa pemakaian bannya.
Adapun usia penggunaan secara maksimal adalah 1,5 tahun. Kelayakan pemakaiannya bisa dilihat dari alur dan diindikasikan dengan melihat batas tread wear indication atau TWI yang tertulis di sisi ban. Beberapa contoh perlakuan yang bisa memperpendek usia pakai ban:
  • Pertama, tekanan angin tidak sesuai rekomendasi. Tekanan tidak pas, katanya, bakal memengaruhi kestabilan gerak motor. Sebaiknya, tekanan diperiksa setiap tiga hari sekali.
  • Kedua, kondisi peredam kejut. Periksa apakah di bagian ini ada kebocoran atau sudah lemah karena jika iya maka hal itu akan mengganggu keseimbangan tekanan bodi. Akibatnya, bodi motor jadi miring dan berat kendaraan bertumpu pada roda yang peredam kejutnya lemah sehingga ban tersebut cepat aus. Bagi pengguna velg jari-jari, Anda disarankan untuk menggunakan rim tape. Fungsinya, melindungi ban dalam dari tusukan jari-jari.
  • Ketiga, agar jangan terlalu sering menggunakan standar samping. Selain membuat ban sebelah kiri jadi tumpuan, perlakuan itu juga bikin peredam kejut kiri cepat rusak.
  • Keempat, jangan memarkir motor pada lokasi panas langsung. Karena material dasar ban, sinar ultraviolet yang langsung mengenai ban bisa mempercepat kekerasan ban. Akibatnya, ban jadi mudah getas.
  • Kelima, hindarkan ban dari kemungkinan terkontaminasi cairan kimia yang merusak, seperti oli dan bensin. Bila terkena, maka cepat bersihkan dengan air.
Tips di atas tidak mutlak akan memperpanjang usia pemakaian ban anda, karena masih ada kualitas bahan pembuatan dari ban tersebut yang juga punya pengaruh yang cukup penting.
[]
Agar ban motor awet Ban merupakan komponen dari sepeda motor yang masa pemakaiannya bisa disesuaikan Makin sering sepeda motor dipakai maka makin pendek pula masa .
Berikut adalah 7 tips agar mesin mobil lebih awet dan membuat berkendara lebih aman Cara Merawat Aki Basah Motor Agar Awet 9 Tips Agar Ban Mobil Lebih Awet Buku Panduan .
Usia pakai ban motor menjadi lebih cepat habis dari ketentuannya jika pemiliknya bersikap ceroboh Nah ini ada cara agar ban tetap awet.
MERAWAT BAN MOTOR SATRIA FU AGAR LEBIH AWET Hal yang perlu diperhatikan pada ban motor Satria Fu Holic MERAWAT BAN MOTOR SATRIA FU AGAR LEBIH AWET Hal yang perlu .
Tips Jitu Merawat Ban Mobil Agar Awet Dibutuhkan perawatan khusus agar umur ban tidak pendek Setiap Tahun 36 Ribu Pegendara Motor Tewas Membuang Energi Negatif dalam .
Tips Agar aki motor awet ini terbukti bagus untuk penggunaan aki motor Setidaknya bisa Tips Menjaga Kompon Ban Agar Awet Tips Berkendara Di Malam Hari 7 Tips Berkendara di .
ban perlu mendapatkan perawatan khusus Mau Ban Mobil Awet tips jitu merawat ban dari Toyota Astra Motor TAM Hal ini agar ban memiliki umur pemakaian yang sama dan .
Ban adalah salah satu bagian penting dari mobil atau motor sodikinms Cara Merawat Ban Agar Hemat dan Awet.
Merawat kabel kopling satria fu agar lebih awet ha aneka macam karburator pe 28 untuk satria fu ciri arti kode dan angka pada ban motor membaca maksud .
Ban Sepeda Motor Posted on Januari 18 2011 Filed under Motor 1 BEBERAPA Bagaimana cara merawat ban agar lebih awet dan tahan lama Berikut beberapa tips

2 komentar: